Keuskupan Agung Ende gelar pelatihan Paralegal

posted in: Artikel | 0

IMG_20160511_170049Senin, 18 April 2016, bertempat di wisma Emaus Jl. Diponegoro Ende, Komisi Keadilan Perdamaian Pastoral Migran Perantau KWI, dalam kerjasamanya dengan KKP-PMP Keuskupang Agung Ende menggelar pelatihan Paralegal tingak Keuskupan Agung Ende.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini yakni dari tanggal 13-15 April 2016 menghadirkan tiga pembicara utama yaitu Rm. Paulus Christian Siswantoko, Sekretaris Eksekutif Komisi KKP-PMP Keuskupan Agung Ende, Azas Tigor Nainggolan, Ketua Forum Transportasi Jakarta dan Muhammad Nurkhoirun, Komisioner Komnas HAM.

Peserta pelatihan berasal dari tiga Kabupaten dalam wilayah Keuskupan Agung Ende. Tujuan utama diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan penyadaran kepada para peserta tentang pentingnya Paralegal. Situasi masyarakat kita yang sering diwarnai dengan tindak kekerasan, membuat penyadaran akan paralegal menjadi hal yang sangat penting dan dinilai mendesak.

Paralegal harus menjadi jembatan antara korban dan penegak hukum. Masyarakat yang belum mengetahui hukum secara baik, perlu dibantu agar mereka bisa keluar dari persoalan dan perlakuan tidak adil dari aparatur penegak hukum.

Peserta juga diberi pelatihan tentang bagaimana membuat laporan kasus ke Komnas HAM.

Pembentukan forum Paralegal Keuskupan Agung Ende ini diketuai oleh Rm. Reginald Piperno.